English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

28 April 2009

Dampak PR drop

Membuat sebuah blog sangat mudah dan tentu mengasyikkan, terlebih bila kita melangkah pada monetize blog. Lebih enjoy lagi tentunya apabila blog yang kita kelola mendapat predikat PR tinggi di mata goole.

Dengan PR minimal 2 atau 3, kita bisa mendapatkan dollar dari program Paid To Review seperti Blogsvertise, Reviewme atau yang lainnya. Tidak hanya melalui Paid To Review saja tentunya kita bisa berburu dollar. " Banyak Jalan menuju Roma", itu pepatah yang pas untuk diterapkan pada blog yang menyandang PR 2 ke atas.

Sudah tidak rahasia umum lagi, bila para blogger sekarang berusaha meningkatkan traffic blog mereka. Tentu tujuan utama tak lain dan tak bukan agar mendapatkan predikat rangkin yang tinggi dari google maupun Alexa atau yang lainnya. Banyak jalan yang ditempuh, mulai dari blogwalking, tukar link hingga yang saat ini lagi mewabah yaitu lewat jalur situs Entrecard.

Lalu bagaimana mereka menyiasati goole yang notabene tidak suka dengan peluang memanfaatkan monetize blog yang mengandalkan PR darinya?
Itu yang mestinya harus ditimba dari blogger senior, terutama bagi mereka yang berpengalaman dibidang monetize blog.

Lalu, bagaimana bila blog kita yang ber PR tinggi kemudian difonis oleh Google sehingga PRnya drop menjadi NOL. Apakah para brokker dari Paid TO Review yang diikuti oleh blog tersebut sudah tidak lagi memberikan job kepadanya?
Jawabannya adalah tergantung dari brokker itu sendiri.

Berdasarkan pengalaman saya, broker paid to review yang saya ikuti adalah Blogsvertise. Meski salah satu blog saya ( berbahasa Indonesia ) yang sudah tergabung dan pada waktu itu ber PR= 3, lalu drop menjadi NOL... blog ini tetap mendapatkan job dengan nilai $9 s/d $10. PR dari google memang NOL BESAR, namun PR alexa blog tersebut adalah 320.xxx. Pada awalnya saya jadi kecewa dan mempunyai pikiran bahwa blog ini sudah tidak mungkin lagi dijadikan ajang berburu dollar.
Semula Aku berniat untuk mencoba mengumpulkan article review dalam satu kategori, lalu menghapus link advertise yang telah dipasang. Namun, niat untuk melakukan hal itu aku tepis. Tidak adil dan itu curang rasanya bila aku lakukan. Jadi aku biarkan saja apa adanya, anggap sebagai resiko dari permainan monetize blog saja.

Namun, aku tetap mengupdate article pada blogku tersebut. Dua minggu setelah PRku drop jadi NOL, ternyata pihak Blogsvertise masih memberikan aku job dengan nilai $9.
Alhamdulillah... berarti aku masih mempunyai peluang untuk meraup dollar...

Kesimpulan dari tulisan ini adalah, jika kita sudah berani berbuat maka kita juga harus lapang dada menerima akibat dari perbuatan kita tersebut.

1 comment:

  1. Klo mau ikutan PTR harus proporsional perbandingan artikel review dengan non review yah minimal 1:3 biar PR blog kita gak anjlok

    Berarti dah banyak $ yang terkumpul nih mas
    He..he...
    Salam kenal

    ReplyDelete

 
Copyright @ 2009 The writer's Instinct: Dampak PR drop | MINIMA Magazine Style Blogger Theme | Modified By NATALUDIN | Top
Thanks for : BLOGGER | PHOTOBUCKET | PICASSA