English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

07 October 2007

Kiat Cerdas Untuk Berbelanja

Semakin pesatnya perkembangan ekonomi di Indonesia, menimbulkan beberapa dampak tak terkecuali maraknya pembangunan supermarket-supermaket di berbagai kota besar di Indonesia disamping pasar-pasar tradisional yang sudah ada. Tak dapat dipungkiri, bahwa dewasa ini banyak orang yang lebih memilih berbelanja di supermarket ketimbang di pasar tradisional. Wajar apabila alasan mereka adalah " belanja sambil rekreasi". Memang, apa yang ditawarkan disana beraneka ragam bentuknya. Yang semuanya itu sangat menghipnotis sesorang untuk berusaha menikmatinya.

Nah, apakan anda juga termasuk tipe orang yang suka berbelanja di supermarket, atau sekedar nongkrong untuk cuci mata ? Berikut beberapa tips bagi kita yang suka belanja di supermarket agar minimal bisa membatasi pengeluaran kita :

1. Buat daftar belanja sebelum kita pergi ke Supermarket.

Ini penting kita lakukan guna mencegah pengeluaran yang sia-sia. Prioritaskan kebutuhan pokok kita yang memang benar-benar kita butuhkan, lalu buat daftar barang yang akan kita beli nantinya. Jangan memaksakan kehendak untuk membeli barang yang sekiranya masih ada atau tidak diperlukan dalam waktu saat ini

2. Bawalah uang secukupnya saat berbelanja.

Perkiraan yang cermat kita atas biaya yang dikeluarkan terhadap barang yang akan kita beli sesuai daftar barang, membuat kita mampu membatasi jumlah uang yang akan kita.

3. Waspadai promosi "diskon" yang ditawarkan oleh counter-counter yang kita jumpai, baca kemasan produk yang ditawarkan terutama tanggal kadaluarsanya.

4. Esensi berbelanja di pusat perbelanjaan semacam supermarket, supermall adalah untuk mempermudah sistem belanja sekaligus menghemat uang serta merefreshkan pikiran kita.


Apakah kita termasuk orang yang suka ke "Supermall...." cobalah tip diatas.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright @ 2009 The writer's Instinct: Kiat Cerdas Untuk Berbelanja | MINIMA Magazine Style Blogger Theme | Modified By NATALUDIN | Top
Thanks for : BLOGGER | PHOTOBUCKET | PICASSA